Cara menjiplak objek dengan Inkscape

Kali ini saya akan coba membuat tutorial bagaimana caranya menjiplak objek dengan menggunakan Inkscape. Caranya cukup mudah, karena kita hanya akan menggunakan Bezier dan Edit path by nodes.

Pertama dan paling utama, import gambar yang ingin di jiplak ke Inkscape. Dalam tutorial kali ini, saya menggunakan gambar Luffy. Kalian bisa mencarinya di google.



Atur agar objek menjadi transparan dengan cara seleksi gambar kemudian klik objek>fill and stroke. Disini saya mengatur transparansi pada angka 70%, kalian bisa menggunakan angka yang lebih rendah, sesuai selera.


Sekarang kita akan bermain dengan Bezier untuk membuat polanya.


Tips dari saya ketika menggunakan Bezier untuk menjiplak objek adalah, jangan terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang rapih. Cukup buat garis-garis kasar dengan Bezier, setelah itu rapihkan dengan Edit path by nodes (F2).

Sebelum dirapihkan dengan Edit path by nodes

Setelah dirapihkan dengan Edit path by nodes

Setelah diberi warna


Memang butuh waktu, setidaknya 3 sampai 5 kali latihan untuk dapat menguasai Bezier agar bisa mendapatkan hasil yang sama seperti objek asli. Jika kalian sudah bisa menguasai Bezier dengan baik, kalian bisa menggunakan teknik yang sama pada tutorial ini untuk mengubah foto menjadi vektor.

Berikut ini adalah beberapa vektor yang sudah pernah saya selesaikan.



Intinya adalah jangan pelit meluangkan waktu untuk latihan.

Comments