Membuat gambar siluet dengan Inkscape

tutorial menggambar siluet dengan menggunakan inkscape


Siluet adalah sebuah teknik dimana foto hanya menampilkan bayangan hitam objek. Untuk siluet dengan wajah manusia, biasanya foto objek diambil dari samping agar terlihat lekuk wajahnya. Sehingga siapa saja yang melihat siluet tersebut dapat mengenali siapa yang ada dibalik siluet tersebut.

Well, saya rasa cukup basa-basinya. Kali ini kita akan belajar cara membuat siluet dengan menggunakan Inkscape. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan cewek ini sebagai kelinci percobaan.

Kalian juga boleh menggunakannya. Atau kalian juga bisa menggunakan foto pacar kalian sendiri. Silahkan import foto ke inscape. kemudian tracing bagian wajah depan sampai belakang menggunakan bezier. Tips: tidak perlu terlalu rapih ketika menarik garis awal, kalian bisa merapihkannya menggunakan Edit path by nodes (F2) nanti.

menggambar siluet di inkscape

Setelah selesai melakukan tracing, sekarang kita merapihkan garis yang kita buat dengan menggunakan Edit path by nodes (F2). Lakukan dengan telaten, agar garis-garis yang kita buat mengikuti lekukan objek foto dan hasilnya bisa natural dan tidak kaku.


Selanjutnya kita akan membuat garis-garis lekukan kerudung. Aktifkan bezier, lalu ganti Shape-nya menjadi Ellipse. Tarik garis mengikuti objek lekukan kerudung pada foto, kemudian buat agar melengkung dengan Edit path by nodes (F2). Beri warna putih.


Selanjutnya, beri warna hitam objek pertama yang kita buat dengan bezier tadi. Tadaaa... Hasilnya sudah terlihat.


Jangan menyerah kalau hasilnya belum seperti yang diharapkan. Saya akui memang menggunakan bezier tool tidak semudah yang kita bayangkan. Tapi dengan latihan rutin, pasti bisa menguasai cara menggunakan bezier.

Comments