Tutorial membuat gimbot dengan Inkscape

Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat selalu. Mari kembali belajar desain menggunakan Inkscape di InkscapePedia.com. Pada kesempatan kali ini, mari kita membuat sebuah desain gimbot seperti gambar dibawah. Lets Go!

tutorial inkscape bahasa indonesia


1. Buat sebuah objek untuk badan si gimbot dengan menggunakan Create rectangles and squares (F4). Beri warna bebas (tidak perlu sama persis dengan tutorial ini, silahkan bereksperimen), hilangkan garis tepinya (pada fill and stroke, pilih stroke paint>no paint).



Buat agar bagian bawah badan si gimbot melengkung. Untuk melakukannya, kita ubah dulu objek menjadi path dengan cara seleksi badan si gimbot, lalu klik path>object to path. Lalu klik toolbox edit paths by nodes (F2). Tarik bagian bawah badan gimbot agar terlihat melengkung.



2. Selanjutnya kita akan membuat bagian layar gimbot. Masih menggunakan Create rectangles and squares (f4), buat objek persegiempat di bagian atas objek badan gimbot. Menggunakan teknik yang sama seperti saat membuat objek badan, buat agar bagian bawah layar gimbot terlihat melengkung.

Lalu buat objek persegiempat lagi dengan sudut yang runcing dan tempatkan tepat ditengah objek yang tadi kita bbuat, beri warna abu-abu. Agar hasilnya rapih, seleksi kedua objek lalu klik object>align and distribute: lalu klik Center on vertical axis dan juga Center on horizontal axis.



Sekarang kita sudah punya gimbot dengan layarnya.

3. Selanjutnya kita akan membuat tombol-tombolnya. Pertama kita akan membuat tombol arah dengan menggunakan Create rectangles and squares (F4). Buat dua buah objek persegi panjang dengan tinggi dan lebar yang sama. Lalu posisikan agar membentuk tanda +. Jadikan satu grup dengan seleksi kedua objek lalu CTRL+G.



Lalu buat dua buah lingkaran dengan Create circles, ellipses, and arcs (F5). Posisikan agar hasilnya seperti gambar dibawah ini.



Selanjutnya buat tombol select dan start menggunakan Create rectangles and squares (F4). Buat agar sisinnya melengkung.



Nah, kita sudah menyelesaikan gimbotnya. Kalian bisa menambahkan efek bayangan dengan mengikuti tutorial yang pernah saya tulis disini. Sekian, dan selamat belajar.

Comments