Tutorial membuat logo Libre Office menggunakan Inkscape


Para pengguna linux pasti sudah familiar dengan Libre Office. Libre Office adalah aplikasi pengganti Ms. Office yang tersedia secara gratis dan open source. Well, kali ini kita akan mencoba membuat logo Libre Office mennggunakan Inkscape.

Seperti biasa, buka Inkscape-nya. Buat sebuah objek persegi panjang berwarna biru seperti gambar dibawah ini. Oh, ya, jangan lupa untuk mengubah sisinya menjadi tumpul.


kemudian buat sebuah objek panjang kebawah, seperti sebuah garis menggunakan rectangles and square (F4). Kemudian rotate dan posisikan objek seperti gambar dibawah ini.


Seleksi kedua objek yang kita buat, klik path>difference.


Selanjutnya, pecah objek menjadi dua dengan cara seleksi objek, lalu klik path>break a part. Sekarang objek akan terpecah menjadi dua berupa; potongan besar dan kecil dibagian kanan atas.


Lalu seleksi objek yang paling besar, kemudian duplikat (CTRL+D). Ubah ukurannya menjadi lebij kecil. Jangan lupa klik tombol CTRL ketika mengecilkan objek agar hasilnya tetap proporsional. Beri warna putih.


Buat garis-garis dengn menggunakan rectangles and squares (F4) sebanyak 6 buah. Beri warna biru agar posisinya bisa segaris dan memiliki jarak yang sama, seleksi ke enam garis tersebut lalu buka align and distribute (shift+ctrl+a). Klik Align left edges, dan make vertical gaps between objects equal.



Tadaaa. Selesai.

Comments