Membuat vektor Captain America



Untuk membuat vektor wajah Captain America, kita akan sering menggunakan Bezier Tool. Oh, well, untuk membuat vektor kali ini kita membutuhkan gambar Captain America yang akan kita trace. Saya akan menggunakan gambar Captain America dibawah ini. Silahkan save lalu import ke Inkscape kalian dengan shortcut CTRL+I.


Setelah di impor ke dalam Inkscape, secara otomatis gambar tersebut akan berada di Layer 1. Biarkan gambar tersebut berada di Layer 1, untuk mempermudah pekerjaan, buat Layer 2 dengan shortcut Shift+CTRL+L. Lalu klik icon +, lalu tekan enter. Jangan lupa untuk mengunci Layer 1 agar gambar tidak berpindah ketika kita melakukan tracing. Setelah itu klik Layer 2.

Tutorial Inkscape

Buat sebuah Guides (garis pandu) seperti yang pernah saya jelaskan disini. Lalu letakan di tengah wajah Captain kita. Guides ini akan kita gunakan untuk mempermudah melakukan tracing wajah Captain America. Nantinya kita akan mentracing setengah wajah saja, lalu kita copy dan balik agar hasilnya sama antara kanan dan kiri.

Tutorial Inkscape

Oh, ya, jangan lupa untuk mengaktifkan "Snap nodes, paths, and handles". Untuk lebih jelasnya, perhatikan icon dibawah ini, aktifkan dengan cara mengkliknya.


Seperti yang tadi saya bilang, kita hanya akan mentracing setengah wajahnya saja. Yaitu bagian sebelah kiri. Gunakan Bezier Tool untuk tracing helm sebelah kiri. Lalu rapikan dengan "Edit Paths By Nodes" atau dengan shortcut F2.


Selanjutnya tracing bagian pipi, mata dan juga telinga. Gunakan trik yang sama, yaitu pakai Bezier lalu rapihkan dengan "Edit paths by nodes". Untuk bagian telinga, kita perlu meletakannya di bagian belakang. Caranya adalah dengan klik "Lower selection to bottom".

Setelah topeng/helm, wajah, mata, dan telinga selesai, klik icon mata pada Layer 1 untuk menyembunyikan gambar aslinya. Hasilnya akan terlihat seperti berikut.



Selanjutnya adalah melakukan pewarnaan. Untuk pewarnaan, tidak ada aturan baku. Kalian bisa mewarnai helm dengan warna yang kalian suka. Di sini, saya akan menggunakan warna biru (mengikuti warna asli helm Captain America). Klik objek helm, lalu klik palet warna dibagian bawah. Untuk bagian mata, pipi dan telinga, saya akan menggunakan warna lightsalmon (#FFA07A) menggunakan palet warna SVG.



Selanjutnya, kita akan menghapus garis tepi pada setiap objek. Cara melakukannya adalah, seleksi semua objek, lalu buka menu Fill and Stroke dengan shortcut Shift+CTRL+F. Pada tab Stroke paint, klik tanda silang (x). Lalu lihat hasilnya.




Seleksi semua objek, lalu jadikan satu grup (CTRL+G). Kemudian duplikasi objek dengan shortcut CTRL+D. Lalu balik gambarnya agar menghasilkan wajah Captain yang sebelah kanan. Tempatkan pada sebelah kanan. Agar hasilnya rapih, gunakan Align and Distribute (Shift+Ctrl+A). Pada kolom Relative to pilih First Selected. Kemudian, ini penting, seleksi wajah bagian kiri terlebih dahulu lalu baru kemudian seleksi wajah sebelah kanan. Untuk menseleksi dua objek, gunakan tombol Shift.

Jika dua objek wajah sudah di seleksi, klik Align left edges of objects to the right edge of the anchor dan Center on horizontal axis. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini.


Sekarang, kita sudah punya wajah utuh Captain America dengan gaya vektor. Gabungkan kedua sisi wajah menjadi satu grup dengan menseleksi keduanya lalu gabungkan dengan shortcut CTRL+G. Tinggal satu langkah lagi, yaitu membuat bayangan agar pada bagian kanan wajah terlihat tampak lebih gelap. Gunakan Bezier untuk membuat objek kotak pada bagian kanan wajah. Lalu beri warna hitam.


Selanjutnya, kembali seleksi wajah Captain America, lalu duplikasi (CTRL+D). Sekarang kita punya dua wajah Captain America, satu di bagian belakang dan satu di bagian depan.


Selanjutnya, seleksi wajah captain america hasil duplikasi dan kotak hitam yang tadi kita buat. Lalu ubah kedua objek menjadi Path dengan cara klik path>object to path. Setelah itu klik kanan pada kedua objek, pilih set clip. Akan terbentuk objek wajah sebelah kanan berwarna hitam. Seleksi objek tersebut, kemudian atur opacity nya menjadi 20%.

Hapus guides, dengan cara menseleksinya lalu klik tombol Delete. Dan Selesai. Selamat belajar.

Comments