Bagaimana Cara Membuat Presentasi Dengan Inkscape?

Inkscape adalah software desain yang powerfull. Walaupun Inkscape merupakan software opensource dan dapat di unduh secara gratis, namun hasil kinerjanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu, tersedia banyak extension yang bisa menunjang dan meningkatkan fungsinya. Salah satu yang akan saya bahas kali ini adalah extension yang bisa digunakan untuk membuat sebuah presentasi.

Jika anda melihat ke menu extension, akan ada extension default bernama JessyInk. Extension tersebutlah yang bisa kita gunakan untuk membuat presentasi di Inkscape. Cara kerjanya, kurang lebih seperti ini: JessyInk akan mengubah setiap Layer yang kita buat di Inkscape menjadi lembar presentasi.

Karenanya, kita akan menggunakan satu layer untuk satu halaman. Jika kita ingin membuat 10 halaman presentasi, maka artinya kita membutuhkan 10 layer. Ok, supaya mengerti, kalian bisa berlatih dengan mengikuti tutorial dibawah ini. Tutorial ini saya buat sederhana, kalian bisa berimprovisasi dan berlatih sendiri supaya mendapatkan hasil presentasi yang lebih menarik.

1. Atur kanvas menjadi landscape
Caranya dengan klik File > Document Properties. Pada halaman Document Properties, pilih centang Landscape pada pilihan Orientation. Kenapa kita menggunakan halaman Landscape? Sebenarnya ini tidak wajib, kalian juga bisa menggunakan halaman Portrait. Namun, kebanyakan presentasi memang memanjang kesamping, bukan ke atas :P

membuat presentasi dengan inkscape 1

2. Buka menu Layer (Shift+Ctrl_L)
Lalu klik ikon "+" untuk menambah layer. Di sini saya akan membuat 5 layer sebagai contoh, yang artinya saya akan membuat 5 halaman presentasi.

membuat presentasi dengan inkscape 2

3. Membuat konten di kanvas
Langkah selanjutnya adalah menuliskan/menggambar konten yang ingin kita sampaikan pada halaman presentasi. Selayaknya sebuah file presentasi, tentu kita memulainya dengan lembar 1. Karenanya, kita mulai dengan Layer 1 terlebih dahulu. Supaya lebih mudah, kita bisa meng-uncheck logo mata pada Layer 2 sampai Layer 5 supaya ke 4 Layer tersebut tidak terganggu ketika kita mengedit Layer 1.

Lalu klik Layer 1, kemudian mulailah menulis/menggambar pada Layer 1. Disini saya akan membuat sebuah tulisan sederhana di Layer 1.

membuat presentasi dengan inkscape 3

Jika sudah menuliskan/menggambar di Layer 1, lanjutkan ke Layer 2. Ingat untuk meng-uncheck logo mata di Layer 1 terlebih dahulu agar Layer 1 tidak ikut berubah ketika kita menggambar di Layer 2. Lalu klik Layer 2 dan mulai lah menggambar di Layer 2. Begitu seterusnya, sampai ke Layer 5.

4. Aktifkan JessyInk
Jika sudah menggambar di semua Layer, kalian bisa mulai membuka ikon mata di semua layer. Setelah itu, klik Extension > JessyInk > Install/Update. Lalu klik Apply. Tunggu beberapa saat, JessyInk sedang menggenerate layer-layer yang kita buat menjadi sebuah presentasi.

membuat presentasi dengan inkscape 4

5. Simpan file
Setelah JessyInk selesai menggenerate presentasi, jangan lupa untuk menyimpan file presentasi yang telah kita buat. Untuk menyimpan file, dapat dilakukan seperti biasa yaitu dengan klik file > save atau CTRL+S. Untuk menggunakan file tersebut sebagai presentasi, masuk ke file eksplorer dan klik kanan ke file presentasi tersebut lalu pilih "open with" dan pilihlah browser favorit kalian (bisa Chrome, ataupun yang lainnya). Browser akan menampilkan file presentasi yang kita buat, tekan tombol kanan untuk berpindah ke halaman presentasi berikutnya, tombol kiri untuk mundur ke halaman sebelumnya.

membuat presentasi dengan inkscape 5

Keren, huh?

Selamat belajar :D

Comments