Cara memasang Material Design Color Pallete di Inkscape

Kadang, kita membutuhkan untuk menggunakan warna-warna bernuansa material desain pada desain-desain yang kita buat di Inkscape. Salah satu cara tradisional adalah dengan mengimport gambar yang menampilkan contoh-contoh warna material desain di lembar kerja Inkscape, lalu kita akan "memungut" warna-warna yang kita inginkan menggunakan Pick color from image (F7). Tapi, sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk menggunakan warna-warna material desain. Yaitu dengan menampilkannya di color pallete. Color pallete bisa diabses di bagian kanan paling bawah berlogo tanda panah arah kiri.

Inkscape Tutorial

Lihat, Inkscape memiliki banyak color pallete secara default, antara lain adalah Inkscape Default, SVG, Android icon pallete, dan lain-lain. Tapi Inkscape tidak menyediakan color pallete untuk warna-warna material desain. Tapi tentu saja, kita bisa menambahkannya secara manual.

Kalian patut berterima kasih pada Seyhan Huseyin, dialah yang membuat color pallete ini sehingga kita bisa lebih mudah menggunakan material design collor pallete ini. Well, untuk memasangnya kalian bisa mengakses repositorinya disini. Lalu pilih Clone or Download, kemudian pilih Download Zip.

Ekstrak file berbentuk Zip tersebut, kemudian copy-kan file bernama Material_Design.gpl ke dalam folder pallete inkscape. Berikut ini adalah letak folder pallete Inkscape di setiap sistem operasi:

Linux: ~/.config/inkscape/palettes/

OS X: ~/.config/inkscape/palettes/

Windows: %APPDATA%\inkscape\palettes\

Restart Inkscape, lalu klik ikon color pallete, akan ada pilihan Material Design Palletes.

Material Desain Inkscape



Comments